Arti dan Makna dari Lambang OSIS


Sebenarnya kalian tau enggak sih apa arti dari lombang OSIS itu sendiri ? Ternyata artinya sangat dalam banget loh, seperti cinta mu ke doi hehe ..
Buku Terbuka, melambangkan belajar keras menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan pasrtisipasi siswa terhadap pembangunan bangsa dan Negara.
Kunci Pas, melambangkan kemauan untuk bekerja keras akan menumbuhkan rasa percaya diri pada kemampuan individu dan bebas dari ketergantungan pada belas kasihan orang lain, menyebabkan siswa lebih berani mandiri. Kunci pas adalah alat kerja yang dapat membuka semua permasalahan dan kunci pemecahan dari segala masalah dan kesulitan.
Tangan Terbuka, melambangkan kesediaan menolong orang lain yang lemah sesame siswa dan masyarakat yang memerlukan bantuan dan pertolongan yang menunjukkan adanya sikap mental siswa yang baik dan bertanggungjawab.
Perahu, melambangkan melaju di lautan hidup menuju masa depan yang lebih cerah yaitu tujuan nasional yang dicita-citakan.
Pelangi Merah Putih, melambangkan tujuan nasional yang dicita-citakan adalah masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila, yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera baik material maupun spiritual.
Tujuh Belas Butir Padi, Delapan Lipatan Pita, Empat Buah Kapas, Lima Daun Kapas, melambangkan hari paling bersejarah Negara Republik Indonesia, yaitu hari kemerdekaan. Nilai-nilai perjuangan yang harus dihayati para siswa sebagai kader-kader penerus bangsa dan pembangunan nasional.
Warna Kuning, sebagai dasar lambang kehormatan atau agung. Suatu kehormatan bila generasi muda diberi kepercayaan untuk berbuat baik dan bermanfaat melalui organisasi.
Warna Coklat, berarti sifat kedewasaan dan sikap rela berkorban bagi tanah air.
Warna Merah Putih, warna kebangsaan Indonesia yang menggambarkan hati yang suci dan berani membela kebenaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar